Thursday, March 6, 2014

sql in mysql

Sql (Structured Query Language) menurut saya adalah bahasa didalam hubungan relasional database, pengartian tersebut hanya untuk mempermudah saya saja dalam pengimlentasiannya. Pengartian yang sebenarnya dapa di pahami sesuai imajinasi masing masing di http://id.wikipedia.org/wiki/SQL. Pertama kali memahami bahasa sql harus menguasai tentang select insert update dan perintah perintah dasar lainnya.

MySQL menurut saya lagi adalah software database yang menggunakan perintah SQL untuk mengelolanya. Pemahaman saya tersebut saya peroleh dari http://id.wikipedia.org/wiki/MySQL. MySQL yang merupakan salah satu software database yang bisa menjadi salah satu referensi untuk belajar pengelolaan database. Database MySQL biasanya diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP untuk membangun sebuah aplikasi yang berbasis web.

Perintah SQL sangat banyak sehingga saya perlu mencatatnya satu persatu agar tidak terlupa. Saya akan menuliskan dibawah tentang perintah-perintah SQL di MySQL yang pernah saya gunakan.

Untuk menampilkan semua isi dalam tabel
SELECT * FROM NAMA_TABLE

Untuk melihat semua database yang pernah dibuat
SHOW DATABASES

Untuk melihat tabel yang pernah dibuat
SHOW TABLES

Untuk menggunakan database
USE NAMA_DATABASE

Untuk menampilkan struktur column dalam table
DESCRIBE NAMA_TABLE

Untuk mengubah type data pada calomn table
ALTER TABLE NAMA_TABLE
MODIFY COLUMN NAMA_COLUMN TYPE_DATA_BARU;

Untuk mnambahkan column baru pada table
ALTER TABLE TABLE_NAME
ADD COLUMN COL_NAME COL_DEFINITION
FIRST | AFTER COL_NAME


No comments:

Post a Comment