Tuesday, January 14, 2014

open new tab javascript in codeigniter

Tulisan ini hanya untuk tambah-tambah agar blognya terlihat lebih penuh. Tetapi karena saya baru pemula jadi saya bingung mencari script untuk open new tab ketika tombol pada halaman web diklik. Masalah ini muncul ketika saya ingin membuat tombol print dan ketika tombol tersebut diklik maka akan muncul tab baru dengan halaman sudah berbentuk laporan pdf siap diprint jika ingin langsung diprint atau disave dalam bentuk pdf jika ingin disave. sempat sedikit kebingungan akhirnya menemukan script seperti di bawah ini :

<a href="#" onClick="window.open('<?php base_url();?>c_penyerapan/pdf_laporan', '_blank')">print<a/>

keterangan :
"<?php base_url();?>" adalah baris script php yang diketikan pada view di codeigniter jika ingin membuat link baru untuk dituju atau ini bisa dikatakan sebagai pengganti "localhost/nama_folder_ci/index.php".

"c_penyerapan" adalah nama file controller yang saya buat dalam folder codeigniter yang nantinya berisi fungsi "pdf_laporan" untuk membuat laporan berbentuk pdf. dalam hal ini saya membuat laporan berbentuk pdf menggunakan tcpdf atau domppdf. pertama saya menggunakan library dompdf , tetapi setelah laporan tersebut berisi banyak record dompdf tidak dapat menampilkannya. Setelah itu saya beralih menggunakan tcpdf yang dapat menampilkan laporan lebih cepat dari dompdf dan recordnya bisa lebih banyak. Ini mungkin karena saya yang menggunakan hanya menggunakannya secara default jadi belum merubah library pada dompdf maupun tcpdf dan saya kira jika laporannya nanti semakin banyak report di tcpdf mungkin juga akan mengalami masalah, jadi harus mempelajari lebih jauh tentang pembuatan laporan menggunakan pdf untuk record yang lebih banyak.

tulisan diatas banyak ngawurnya karena saya baru try and error dan kebetulan akhir-akhir ini sedang banyak errornya jadi mohon maaf jika banyak salahnya teruss mencoba untuk belajar :)

No comments:

Post a Comment