Tuesday, January 14, 2014

conversi angka ke rupiah atau sebaliknya menggunakan php

Hari semakin siang dan saya hampir putus asa mencari tutorial untuk membangun konsep web service menggunakan codeigniter karena mencari kesana kemari tidak menemukan tutorial yang sesuai dengan pemikiran saya. di bagian clientnya saya menggunakan flexigrid dan entah apa yang membuat semakin membingungkan saja. eh malah jadi ngomongin yang tidak sesuai dengan judulnya tentang mengkonversi angka ke matauang rupiah yang setiap 3 angka ada titiknya.

Dari pada pusing mikirin yang g jelas nulis sedikit script php buat mengkonversi angka. pertama tama membuat fungsi php sebagai berikut untuk mengkonversi angka ke nilai rupiah, mungkin banyak cara lain yang lebih praktis tetepi kebetulan saya menemukan ini diinternet jadi saya teruskan saja :

<?php
function rupiah($angka){
 return 'Rp. '.strrev(implode('.',str_split(strrev(strval($angka)),3)));
}
?>

untuk menggunakan fungsi diatas tinggal panggil saja seperti dibawah

<?php
 echo rupiah(10000);
?>
maka akan ditampilkan Rp. 10.000

Untuk kebalikannya dari rupiah menjadi angka tinggal buat fungsi lagi seperti berikut :

<?php
 function angka($rupiah){
 return intval(preg_replace("/[^0-9]/","",$rupiah));
}
?>

untuk memanggil fungsi diatas :
<?php
 echo angka("Rp. 10.000");
?>
maka akan ditampilkan 10000

Begitulah sedikit yang dapat saya tulis. :)

No comments:

Post a Comment